AHLAN WASAHLAN DI BLOG PONDOK PESANTREN NUR AL TAUHID MARUNDA JAKARTA UTARA

Sabtu, 11 Februari 2012

SYAFAAT ITU ADA BANYAK....


ADA LIMA MACAM SYAFAAT

Di hari kiamat kelak, Allah memberikan hak syafaat kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya. Adapun bentuk syafaat tersebut ada lima macam :

      Pertama, Khusus dimiliki Nabi Muhammad   صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, yaitu syafaat untuk menentukan keputusan dan membuat manusia lepas dari dahsyatnya tempat berkumpul seluruh mahluk di padang mahsyar pada hari kiamat, serta mensegerakan dipindahnya ke tempat perhitungan amal atau hisab, disebut Syafaatul Udhma.

       Kedua, Syafaat untuk memasukkan suatu kaum ke surga tanpa hisab. Syafaat ini juga dimiliki oleh Nabi Muhammad صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , sebagaimana telah dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

      Ketiga, Syafaat yang diperuntukkan bagi kaum yang semestinya masuk ke dalam neraka kemudian mendapat ampunan. Syafaat ini dimiliki oleh Nabi Muhammad صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  dan orang-orang yang dikehendaki Allah berupa para Sholihin.

     Keempat, Syafaat yang diperuntukkan bagi para pendosa yang telah masuk ke neraka. Banyak hadits yang meriwayatkan bahwa mereka dapat terbebas dan dikeluarkan dari neraka dengan syafaat Nabi Muhammad صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, para malaikat, dan para sholihin. Selanjutnya Allah Ta’ala akan mengeluarkan dari neraka orang-orang yang mengucapkan kalimat Syahadat. 
Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits “Tidak ada yang tersisa didalam neraka kecuali orang-orang kafir.”

   Kelima, Syafaat untuk meningkatkan derajat bagi orang yang dimasukkan surga. Hal ini tidak diingkari oleh golongan Mu’tazilah. Mereka juga tidak mengingkari syafaat pada saat di al-hasr ( di giringnya manusia di padang mahsyar ). wallahua'alam 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar