AHLAN WASAHLAN DI BLOG PONDOK PESANTREN NUR AL TAUHID MARUNDA JAKARTA UTARA

Rabu, 08 Februari 2012

Dua Puluh Sifat ALLAH ( Kitab Risalah Awal )


Adapun sebagian sifat yang Wajib bagi Dzatnya Allah itu ada 20, dan adapun sebagian sifat yang mustahil jauh dari Dzatnya Allah itu ada 20 juga, jadi jumlahnya ada 40

Inilah rupanya: 
WUJUD pengertianya wajib ADA Allah, mustahil TIADA Allah

QIDAM pengertianya wajib DAHULU  Allah tiada  permulaannya, mustahil BARU Allah. 

BAQO’ pengertianya wajib KEKAL Allah tiada akhirnya, mustahil RUSAK Allah. 

MUKHOLAFATU LIL KHAWADIS pengertiannya wajib BEDA Allah pada semua perkara yang baru, beda di dalam Dzatnya, beda di dalam sifatnya dan beda di dalam pekerjaannya, mustahil SAMA Allah pada semua perkara yang baru, sama di dalam Dzatnya, sama di dalam sifatnya dan sama di dalam pekerjaannya. 

Adapun beda Allah di dalam Dzatnya artinya Dzat Allah itu bukan jirim, Dzatnya perkara yang baru itu jirim, 

adapun beda Allah di dalam sifatnya artinya sifat Allah itu tidak rubah-rubah, sifatnya perkara yang baru  itu rubah-rubah, 

adapun beda Allah di dalam pekerjaannya artinya pekerjaan Allah itu TA’SIR, pekerjaannya perkara yang baru itu KASAB IKHTIAR

Adapun pengertian pekerjaan TA’SIR itu, kerja yang tidak butuh pada alat dan tidak butuh pada orang yang menolong. 

Adapun pengertian pekerjaan KASAB IKHTIAR itu, kerja yang butuh pada alat dan butuh pada yang menolong yaitu Allah

QIYAMUHU TA’ALA BI NAFSIHI pengertianya wajib BERDIRI Allah pada Dzatnya sendiri, mustahil BUTUH Allah pada Dzat yang lain dan mustahil butuh Allah pada yang mewujudkan dirinya. 

WAHDANIYAT pengertiannya wajib Allah ESA,  esa di dalam Dzatnya, esa di dalam sifatnya dan esa di dalam pekerjaannya, mustahil BERBILANG Allah, di dalam Dzatnya, di dalam sifatnya dan di dalam pekerjaannya. 
Adapun pengertian esa Allah di dalam Dzatnya artinya Dzat Allah itu tidak tersusun dari beberapa anggota dan Dzat Allah itu tidak ada yang menyamai,

adapun pengertian esa Allah di dalam sifatnya artinya sifat Allah itu tidaklah susunan yang sejenis, seperti dua qudrat atau dua irodat atau dua ilmu dan sifat Allah itu tidak ada yang menyamai, 

adapun pengertian esa Allah di dalam pekerjaannya artinya pekerjaan Allah itu tidak ada yang menyamai. 

QUDRAT pengertianya wajib MAMPU Allah tidak dengan bantuan alat, mustahil LEMAH Allah. 

IRODAT pengertianya wajib BERKEHENDAK Allah tidak dengan pikir-pikir, mustahil TERPAKSA Allah. 

ILMU pengertianya wajib MENGETAHUI Allah tidak dengan hati, mustahil BODOH Allah

HAYAT pengertiannya wajib HIDUP Allah tidak dengan ruh, mustahil MATI Allah. 

SAMA’ pengertiannya wajib MENDENGAR Allah tidak dengan telinga, mustahil TULI Allah. 

BASHOR pengertiannya wajib MELIHAT Allah  tidak dengan mata, mustahil BUTA Allah. 

KALAM pengertiannya wajib BICARA Allah tidak dengan huruf suara, mustahil BISU Allah. 

QODIRON pengertianya wajib YANG BERKUASA Allah tidak dengan bantuan alat, mustahil YANG LEMAH Allah. 

MURIDAN pengertiannya wajib YANG BERKEHENDAK Allah tidak dengan pikir-pikir, mustahil YANG TERPAKSA Allah. 

ALIMAN pengertiannya wajib YANG MENGETAHUI Allah tidak dengan hati, mustahil YANG BODOH Allah. 

HAYYAN pengertiannya wajib YANG HIDUP Allah tidak dengan ruh, mustahil YANG MATI Allah. 

SAMIAN pengertiannya wajib YANG MENDENGAR Allah tidak dengan telinga,  mustahil  YANG TULI Allah. 

BASIRON pengertiannya wajib YANG MELIHAT Allah tidak dengan mata, mustahil YANG BUTA Allah. 

MUTAKALLIMAN pengertiannya wajib YANG BICARA Allah tidak dengan huruf  dan suara, mustahil YANG BISU Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar